• Internet, Browsing, IT dan Teknologi

    Jumat, 30 Maret 2018

    Pengertian Hosting

    Bismillah ...

    Hai sobat, apakah sobat pernah mendengar kata-kata hosting, yah yang biasanya orang tau didalam dunia web, hosting biasa disebut dengan rumah bagi website, untuk lebih jelasnya, pada artikel kali ini saya akan membagi sedikit informasi mengenai Hosting.

    Pengertian Hosting

    https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSQclF7h9hCHKypsVHRDKXjMXIljCCc2pAnQggH4MMSrKphQkjI
    Hosting adalah sebuah layanan yang dapat digunakan oleh perorangan, organisasi atau perusahaan untuk menyimpan berbagai data website, sehingga dapat diakses melalui internet. Ketika sobat menggunakan internet untuk mengunjungi sebuah website, yang sobat lakukan pertama kali pada browser adalah mengetikkan nama domain atau kata kunci tertentu di kolom pencarian Google.
    Kemudian komputer sobat akan terhubung ke server dan halaman website akan dikirimkan dan ditampilkan melalui browser, contohnya seperti halaman yang sedang sobat baca saat ini. Oleh karena itu ketika sobat ingin memiliki website, domain dan hosting adalah hal utama yang harus sobat beli.

    Pemahaman tentang Hosting

    Hosting bisa diibaratkan sebagai sebuah apartemen yang disewakan dengan ukuran tertentu dan setiap bangunan apartemen pasti memiliki ukuran yang berbeda antara apartemen 1 dan apartemen 2. Sama halnya  dengan hosting, setiap layanan akan menyediakan space atau tempat penyimpanan yang berbeda. Misalnya mulai dari  paket 1 GB atau paket hosting termurah unlimited seperti hosting yang ada di Niagahoster. (sumber : https://www.niagahoster.co.id/blog/hosting-adalah/ ).

    Shared Hosting

    Shared hosting adalah jenis hosting yang dapat sobat temukan di hampir semua layanan hosting saat ini. Shared hosting dapat digunakan oleh banyak pengguna secara bersama-sama dalam satu server.
    Harga yang ditawarkan untuk paket shared hosting terbilang cukup murah.
    Tapi, karena digunakan oleh banyak pengguna, terdapat batasan mengenai resource yang tersedia, baik itu besarnya jumlah penyimpanan, bandwidth yang disediakan, atau lainnya.

    a. Kelebihan

    • Harga murah
    • Tersedia berbagai jenis paket berbeda berdasarkan resource yang disediakan, sehingga jika website sobat melebihi limit yang ditetapkan, dapat melakukan upgrade ke paket yang lebih tinggi.
    • Kebanyakan layanan sudah menyediakan kontrol panel seperti cPanel, sehingga dapat memudahkan sobat dalam mengelola website.
    • Sobat tidak perlu repot melakukan manitenance pada server, karena sudah dihandle oleh layanan hosting.
    Shared hosting sangat cocok untuk sobat yang ingin memiliki website dengan dana terbatas. sobat tidak perlu khawatir jika website sobat sudah mencapai limit yang ditetapkan oleh layanan hosting yang digunakan, karena sobat dapat melakukan upgrade ke paket hosting dengan limit yang lebih tinggi.

    b. Kekurangan

    Waktu loading website yang lebih lambat jika dibandingkan dengan dedicated hosting, tapi sobat dapat mengatasi hal ini dengan menggunakan CloudFlare.
     
    Ok, sobat sekian dulu artikel dan informasi mengenai Hosting, untuk cera mendapatkan, dan penggunaan hosting akan saya lanjutkan pada artikel selanjutnya. Mungkin banyak kekurangan dan kata-kata yang tidak berkenan dalam penulisan artikel ini saya minta maaf. Bukan bermaksud untuk tujuan lain hanya semata-mata ingin berbagi informasi. 
    Semoga bermanfaat.
     
    Salam Azew Sharing
     

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Saran dan masukan anda sangat berharga bagi kami

    NEGARA PENGUNJUNG

    Flag Counter