• Internet, Browsing, IT dan Teknologi

    Jumat, 30 Maret 2018

    Cara mengecek IMEI pada SmartPhone

    Bismillah ...

    Sudah larut malam sobat, disini sudah pukul 11.30, masih semangat aja ni jari mau posting posting dan posting lagi, demi pertanyaan dan ingin berbagi sedikit informasi untuk sobat sekalian. Pada Artikel kali ini akan membahas tentang Cek IMEI pada SmartPhone android salah satunya. SmartPhone apapun, mau merek terkenal atau tidak sekalipun pasti memiliki nomor IMEI. Sebenarnya banyak cara yang bisa di pakai dalam mengcek IMEI, bisa dengan melihat settingan. pengaturan dari Ponsel itu sendiri, bisa juga dengan menggunakan kombinasi tombol, bisa juga lansung mengecek IMEI pada kotak ponsel sobat, dan ada juga yang tertera pada belakang Ponsel sobat, di mesin ataupun Batre ponsel sobat. Nomor IMEI biasanya terdiri dari 15 s.d 16 Digit, tergantung Model, tipe pada ponsel tsb.
    https://cdn0.iconfinder.com/data/icons/pixel-perfect-at-24px-volume-6/24/2156-512.png

    Sebelum sampai ke pembahasan pokok, apakah sobat tau apa itu singkatan dari IMEI ? ok bagi yang belum tahu sedikit informasi saja untuk sobat, agar jika ditanya orang, sobat bisa menjawabnya, IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity. Operator seluler menggunakannya untuk mengidentifikasi perangkat yang terdaftar di jaringan mereka.

    Pengecekan Nomor IMEI pada Android

    Jika pada android, sobat bisa masuk ke menu setting / Pengaturan, about phone (jika dalam bahasa inggris) / Tentang Ponsel (dalam bahasa indonesia), dan pilih status. Cara lainnya sobat bisa melakukan Call, atau kombinasi tombol dengan mengetikan kode *#06#, ini juga bisa sobat lakukan bukan hanya pada android, pada Iphone pun bisa digunakan.

    Fungsi IMEI

    Kebanyakan pengguna ponsel tidak menganggap penting IMEI padahal IMEI juga sangat penting pada ponsel tsb jika tidak penting IMEI tidak akan diadakan oleh perusahaan ponsel bukan :D. Yang paling terasa, IMEI berfungsi saat ponsel hilang karena jatuh, lupa tempat menyimpannya, atau dicuri. Jika itu benar-benar terjadi, sobat bisa langsung datang ke gerai operator seluler yang sobat gunakan kemudian memberikan nomor IMEI dan nomor kartu yang sobat gunakan. Dengan begitu, ponsel sobat bisa dilacak atau nomor ponselnya bisa diblok dan perangkatnya bisa dikunci untuk sementara.
    Untuk melacak smartphone Android yang hilang, sobat bisa juga menggunakan kecanggian dari mbah Google. Dengan catatan, smartphone sobat terhubung ke Internet, GPS sobat aktif, dan smartphone tersebut dalam keadaan aktif (On) / tidak mati (Off).

    Nah bagaimana sobat, jadi jangan menganggap IMEI pada ponsel tidak berguna, jadi usahakan nomor IMEI pada ponsel sobat disimpan ditempat yang baik, bila perlu di catat atau dihapal juga boleh jika ingatan sobat kuat, mengapa, kalo menurut saya sih lebih baik di catat sobat, menghapal 16 Digit tidak gampan bukan, bisa dibuat pusing kepala kita sobat, wkwkwkwk. 

    Ok sobat sekian dulu artikel kali ini, berhubung tepat pukul 12.00 tengah malam, saya mau tidur dulu, dan akan saya lanjutkan kembali untuk menulis artikel besok.
    Alhamdulillah, terima kasih bagi sobat yang telah berkunjung.
    Semoga bermanfaat.

    Salam Azew Sharing

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Saran dan masukan anda sangat berharga bagi kami

    NEGARA PENGUNJUNG

    Flag Counter